Tumpeng untuk mitoni sebagai tradisi turun temurun di wilayah kabupaten banyumas

Salah satu agenda tahunan Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah melalui Dinparbud mengadakan Festival Takir Tingkat Kabupaten sebagai wujud nguri-uri tradisi adat Banyumas.

Digelarnya Festival Takir yang dilakukan sebagai wujud bahwa warga Banyumas masih memegang teguh tradisi turun temurun yang tidak pernah terkikis oeh jaman, kegiatan festival di di gelar pada Jum’at malam, 14/12/2018 bertempat di alun-alun Banyumas lama

Kegiatan yang di ikuti oleh 27 Kecamatan yang ada di Kabupaten Banyumas mengambil tema “ Nguri-uri Tinggalane Kaki Nini ” tiap kecamatan menyuguhkan takir yang berbeda yang sudah ada sejak dahulu kala seperti takir untuk mitoni,takir selamatan,takir bancakan

Untuk kecamatan Kedungbanteng sebagai perwakilan adalah desa Karangnangka dengan tumpeng untuk mitoni.

Festival Takir memang menjadi salah satu atraksi wisata Banyumas. Festival yang menawarkan wisata budaya yang sarat akan nilai-nilai luhur.

Sebelum acara makan-makan bersama dimulai, semua perwakilan sambil mengarak tumpeng mengitari alun-alun Banyumas.

Banyumas terus konsisten mengangkat tradisi lokal Banyumas dalam balutan Festival Takir

Tradisi ini menjadi salah satu daya tarik wisata yang banyak diminati wisatawan dan memasukkannya ke dalam paket-paket wisata atraksi budaya.

Hadir dalam acara Festival Takir Bupati banyumas beserta jajaranya,para camat yang ada di kabupaten Banyumas,kepolisian dan TNI serta masyarakat.

(Dibaca total 38 kali, dibaca 1 kali hari ini)