Anggota linmas di latih bela diri untuk pertahanan

KARANGNANGKA– Linmas yang merupakan singkatan dari Perlindungan Masyarakat telah mengalami pemutar balikan pengertian sehingga terjebak dalam anggapan umum yang hanya mengaitkan dengan sebuah fungsi dalam masyarakat yaitu fungsi linmas atau lebih dikenal dengan Pertahanan Sipil atau Hansip.

Satuan Perlindungan Masyarakat di atur dalam Peraturan menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2009 tentang Penugasan Satuan Perlindungan Masyarakat Dalam Penanganan Ketenteraman, Ketertiban, Dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum pada pasal 1 butir 1 yaitu : Satuan Perlindungan Masyarakat yang selanjutnya disebut Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan.

Untuk meningkatkan kapasitas linmas pemerintah Desa Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas melaksanakan pelatihan untuk linmas yang berjumlah 20 anggota linmas.

Kegiatan pelatihan tersebut berlangsung selama dua hari, Rabu17-18 Oktober 2018 bertempat di Joglo Desa Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolsek Kedungbanteng diwakili oleh Iptu Haryono, Serma Supriyadi dari Koramil 24/Kedungbanteng selaku Babinsa desa Karangnangka,Sekretaris Desa beserta perangkatnya..

Adapun materi pelatihan yang diberikan disamping mrlaksananakan pelatihan dasar PBB juga diberikan pemahaman tentang tugas pokok dan fungsi kelinmasan di kewilayahan yang di sampikan oleh kanit Binmas Polsek Kedungbanteng Iptu Inayati

sebagai anggota linmas antara lain pemahaman tentang
Tugas Linmas antara lain, mengumpulkan dan menganalisa data dan informasi satuan perlindungan Masyarakat serta pengamanan swakarsa Menyusun prosedur tetap, petunjuk teknis dan pelaksanaan satuan perlindungan masyarakat serta pengamanan swakarsa, Mengidentifikasi dan menyusun usulan sarana prasarana satuan perlindungan masyarakat dan pengamanan swakarsa, Menyusun kebutuhan satuan perlindungan masyarakat yang bertugas di TPS dan teknis pelaksanaan pembekalan pada pemilu. Kegiatan tersebut dilaksanakan guna menunjang program pemerintah.

Serma Supriyadi dari Koramil mengatakan ” sebagai seorang Babinsa wajib memberikan pemahaman terus memberikan pelatihan kepada anggota linmas sehingga keamanan di Desa Karangnangka tetap kondusif”, katanya.

“Dari kegiatan pelatihan linmas dapat membawa dampak positif,anggota linmas mengerti akan tugas linmas, dan anggota linmas mengetahui tentang Gerakan PBB Yang baik,, dan babinkamtibmas lebih terbantu dalam memberikan rasa aman di masyarakat khususnya Desa Karangnangkai”, imbuhnya.

Iptu Inayati dari Polsek Kedungbanteng menjelaskan,” fungsi utama dari linmas melindungi masyarakat dan membantu menanggulangi serta mengurangi/mengatasi akibat dari bencana yang di timbulkan oleh perang,gangguan keamanan dan akibat bencana alam serta bencana-bencana lainnya,terhadap kerugian jiwa dan harta benda,”jelasnya

Sedangkan tugas pokok Linmas sebagai kekuatan rakyat yang terlatih membantu dan memperkuat pelaksanaan di bidang perlindungan masyarakat serta membantu tugas Polri dalam tugasnya dibidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat,”ungkapnya..

 

(Dibaca total 27 kali, dibaca 1 kali hari ini)