Kemeriahan pawai ta’aruf

KARANGNANGKA- Peringatan pergantian tahun baru Islam di desa Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas di peringati dengan kegiatan Pawai Ta’aruf dalam rangka menyambut 1 Muharram 1440 H.

Kegiatan yang di ikuti oleh santri warga dari 16 Rukun Tetangga (RT), lembaga-lembaga pendidikan dan sejumlah ormas Islam yang ada di desa Karangnangka tersebut diselenggarakan oleh Jamiyah NU ranting Karangnangka pada hari Sabtu, 15/9/2018.

Pawai ta’aruf dalam rangka memeriahkan pergantian tahun baru Islam tersebut mengambil start di depan Masjid Baiturrohman  mengelilingi desa melalui jalan lingkar dan finish di kawasan masjid Baiturrohman berjalan meriah.

Nampak hadir di acara pelepasan peserta pawai para pengurus Jamiyah NU beserta sejumlah tokoh agama dan perangkat Desa.

Acara pawai yang dilepas secara langsung pengurus Jamiyah tersebut mengambil tema Dengan menyambut tahun baru islam 1 Muharram 1440 H Mari kita bertekad untuk menuju dan meraih hari esok yang lebih baik.

Miftah Hidayat salah seorang perangkat desa menyampaikan bahwa jumlah peserta yang mengikuti pawai ta’aruf tersebut berjumlah lebih kurang 1.000 peserta, hal ini berdasarkan jumlah semua warga Rukun tetangga mengikutinya di tambah dari lembaga pendidikan dan ormas Islam..

“Untuk pawai 1 Muharram baru mulai kita laksanakan  tahu ini 2018, karena biasanya kegiatan tahun baru Islam dilaksanakan di masjid tanpa pawai ta’aruf,” ujar Miftah Hidayat

Menurutnya kegiatan pawai Ta’aruf dalam memperingati 1 Muharram ini dilaksanakan untuk menyatukan masyarakat khususnya umat islam yang ada di desa Karangnangka,disamping itu juga agar  masyarakat akan tetap mengingat tahun baru Islam,kenapa karena Muharram ini banyak masyarakat kita yang lupa bahkan tidak tahu dengan pergantian tahun batu Islam” sambungnya.

Bahwa semestinya kita tidak membedakan antara pergantian tahun baru islam dengan pergantian tahun baru masehi.

“Tahun bari islam tidak ada bedanya dengan tahun baru masehi, hanya kadang kita ini tidak tahu akan datangnya tahun baru islam, sedangkan tahun baru masehei 1 bulan sebelum pergantian tahun baru sudah banyak persiapan” imbuhnya.

Kepala Desa Karangnangka menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan pawai ta’aruf yang diselenggarakan oleh Jamiyah NU tersebut.

“Kami mengapresiasi apa yang diadakan oleh Jamiyah dalam menyambut tahun baru islam ini, semoga ini dapat menjadi media pengingat masyarakat akan pergantian tahun baru Islam” harap Kepala Desa.

(Dibaca total 29 kali, dibaca 1 kali hari ini)