Bupati Banyumas memukul gong sebagai tanda pencanangan Kampung KB di RW 5 Desa Karangnangka

Bupati Banyumas memukul gong sebagai tanda pencanangan Kampung KB di RW 5 Desa Karangnangka

KARANGNANGKA– Bupati Banyumas Ir.H.Achmad Husen Rabu, 25 Juli 2017 mencanangka kampung KB (Keluarga berencana ) di wilayah RW 5 bertempat di halaman rumah Slamet Haryadi Desa Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas.

Dalam sambutannya Bupati Banyumas menyampaikan,” Bahwa keluarga berencana ini harus berhasil agar bapak ibu bisa menyekolahkan anak setingi=tingginya dan lebih sehat selain itu program keluarga berencana agar dapat membantu keluarga menjadi lebih makmur dan sejahtera,maka dipilihlah RW yang KBnya belum berhasil sehingga nantinya RW tersebut akan menjadi lebih makmur.” jelasnya

Pesan saya yang paling penting di garis bawahi masyarakat Karangangka pada saatnya nanti atau mulai sekarang  punya anak minimal lulusan perguruan tinggi jangan sampai setelah lulus SMK tidak sekolah,”imbuhnya

Undang-undang nomor 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga sebagai dasar pelaksanaan Program Kependudukan dan Keluarga Berencana menekan kewenangan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk  tidak memfokuskan pada masalah Pengendalian Penduduk saja namun masalah Pembangunan Keluarga Berencana juga.

Dalam rangka penguatan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) 2015-2019, diharapkan BKKBN untuk dapat menyusun suatu kegiatan yang dapat memperkuat upaya pencapaian target/sasaran.  Untuk  secara langsung bersentuhan dan memberikan manfaat kepada masyarakat, dalam hal ini BKKBN (Badan Kependudukan dan  Keluarga Berencana Nasional) membentuk Kampung Keluarga Berencana (Kampung KB).

Kampung KB (Keluarga Berencana) merupakan salah satu contoh dalam pelaksanaan program KKBPK dengan melibatkan seluruh Bidang yang ada di lingkungan BKKBN dan bekerja sama dengan instansi terkait sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wilayah setempat, serta dilaksanakan di tingkat pemerintah terendah (RW atau RT).

Kampung KB adalah satuan wilayah setingkat RW, dusun atau setara, yang memiliki kriteria tertentu, dimana terdapat keterpaduan program kependudukan, keluarga berencana, pembanguan keluarga dan pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis.

Kampung KB dibentuk sebagai salah satu upaya penguatan program KKBPK (Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga)  yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat dalam memberdayakan dan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memperoleh pelayanan total program KB sehingga dapat mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Pembentukan Kampung KB harus memenuhi kriteria utama yaitu  wilayah yang memiliki jumlah Pra Keluarga Sejahtera dan Keluarga Sejahtera -1 (miskin) diatas rata-rata tingkat desa/kelurahan dimana kampung tersebut berada, dan jumlah peserta KB di bawah rata-rata pencapaian tingkat desa/kelurahan dimana kampung tersebut berlokasi.

Tujuan terbentuknya Kampung KB adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau setara melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembanguan keluarga serta pembangunan  sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas (tujuan umum).

Sementara tujuan khusus adalah:

  1. Meningkatkan peran pemerintah, lembaga non pemerintah dan swasta untuk menyelenggarakan program kependuddukan,
  2. Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan,
  3. Meningkatkan peserta KB aktif modern
  4. Meningkatkan Ketahanan keluarga melalui Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL) serta Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja,
  5. Meningkatkan pemberdayaan keluarga kelompok UPPKS (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera)
  6. Menurunkan angka KDRT, dan
  7. Meningkatkan kualitas sekolah penduduk usia sekolah.

Dalam acara pencanangan Kampung KB juga digelar  bazar oleh para anggota UPPKS  desa Karangnangka dan di meriahkan juga dengan kentongan serta Karawitan.

Hadir dalam pencanangan kampong KB Kepala DPPKBP3A Kabupaten Banyumas, Muspika Kedungbanteng,penyuluh KB,para kepala desa sewilayah Kedungbanteng, para kader dari 14 desa,ketua RW dan RT desa Karangnangka dan masyarakat.

 

 

 

(Dibaca total 55 kali, dibaca 1 kali hari ini)