Suasana peserta pada sosialisasi   Otoritas Jasa Keuangan

Suasana peserta pada sosialisasi Otoritas Jasa Keuangan

KARANGNANGKA– Pemerintah Kabupaten Banyumas bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Perwakilan Purwokerto , melakukan  Sosialisasi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) Kabupaten Bnyumas, untuk kawedanan Karanglewas  yang meliputi tiga Kecamatan yaitu Karanglewas, Kedungbanteng dan Baturraden di aula Kecamatan Karanglewas, Rabu (19/10/2016).

Dari pemerintah Desa Karangnangka kepala desa mewakilkan kepala dusun 2 untuk menghadiri acara tersebut.

Menurut Staff  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Perwakilan Purwokerto Aryati, mengatakan tujuan dibentuknya OJK adalah supaya jasa keuangan terselenggara secara teratur, adil, transparan dan akuntabel.

OJK itu sendiri adalah lembaga yang Independen yang mempunyai fungsi, tugas dan wewenang pengaturan, pengawasan,penyidikan dan pengawasan didirikan berdasarkan Undang-undang No. 21 tahun 2011. Sedangkan fungsinya mengatur, mengawasi, melindungi untuk industry keuangan yang sehat

Lalu bisa mewujudkan sistem keuangan yang berkelanjutan dan stabil serta melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat.

Adapun lembaga jasa keuangan yang diawasi OJK yakni Perbankan, Perasuransian, Pegadaian, Lembaga Pembiayaan, Dana Pensiun dan Pasar Modal.

Adapun latar belakang sosialisasi  ini, kataAryati, saat ini, sebagian besar tingkat pemahaman masyarakat terhadap industri jasa keuangan dan produk keuangan masih rendah.

Masih terbatasnya informasi dan layanan keuangan yang dapat dijangkau oleh golongan masyarakat tertentu.

Lalu masih banyak kelompok masyarakat yang berpenghasilan rendah yang tidak mampu menggunakan jasa keuangan serta masih ada yang enggan untuk terlibat dalam layanan keuangan.

Hadir pada acara sosialisasi tersebut para Kepala Desa dan BPD dari tiga Kecamatan, Unit Pendidikan Kecamatan, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

(Dibaca total 60 kali, dibaca 1 kali hari ini)