Para pelaku usaha wisata di desa merancang pokdarwis

Para pelaku usaha wisata di desa merancang pokdarwis

KARANGNANGKA- Bertempat di Aulau Satria Kecamatan Kedungbanteng tiga desa Karangnangka, Windujaya dan Baseh mengadakan rapat koordinasi dengan pihak Kecamatan dalam rangka pembentukan Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis),Selasa (31/5/2016).

Pembangunan kepariwisataan merupakan lintas sektoral, oleh karena itu suksesnya pembangunan kepariwisataan desa ditentukan oleh adanya dukungan serta partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat, baik pemerintah, pihak swasta maupun pihak masyarakat lainnya. Sejalan dengan itu, pemerintah terus berupaya meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan dan salah satunya dibentuknya kelompok sadar wisata Pokdarwis. Dengan dibentuknya pokdarwis ini nantinya mampu menjadi penggerak utama masyarakat dalam mendukung kebijaksanaan pengembangan kepariwisataan dilingkungan tempat tinggalnya, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan umum, jelas Sigit Suyanto,SE .
Sigit Suyanto,SE yang mewakili camat juga mengatakan,” untuk wilayah Kecamatan Kedungbanteng yang sudah diketahui oleh pihak Kabupaten yang menjadi tempat wisata  itu tiga desa yaitu Karangnangka dengan wahana outbound Desaku dan Kidung Kampungku, untuk Windujaya dengan Bukit Trianggulasinya sedangkan baseh adanya Baturagung.

Guna meningkatkan arus pariwisata di tiga desa, maka Kecamatan berharap tiga desa tersebut membentuk pokdarwis sekali gus menata kawasan wisata beserta aturan yang nantinya didorong dengan adanya peraturan desa(perdes),”katanya

Untuk itu, ia berharap partisipasi masyarakat dan aparat desa yang merupakan duta – duta wisata perpanjangan tangan dari Disbudpar Kabupaten.

Kepala Desa dan aparatnya sangatlah dituntut guna tercapainya hal tersebut  sekaligus mampu mendorong dan memotivasi masyarakat agar menjadi tuan rumah yang baik, dan  meningkatkan daya tarik pariwisata setempat melalui upaya – upaya perwujudan sapta pesona.

Sementara itu menurut pemilik wahana Desaku Kardi menyampaikan,” dengan adanya pertemuan ini untuk wacana membnetuk pokdarwis  dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat akan arti pentingnya kegiatan wisata bagi daerah dan masyarakat terlebih lagi saat ini pengaruh global yang berdampak pada kehidupan masyarakat didesa. Dimana masyarakat nantinya memahami sadar wisata dan sapta pesona perlu dipelihara  dalam kehidupan sehari – hari. Dan koordinasi antar pelaku usaha wisata dengan pemdes, masyarakat dan pemerintah yang lebih harus selalu dilakukan agar masyarakat meningkatkan kesadarannya terhadap pariwisata yang sedang berkembang di desa  dan ini menjadi ujung tombak pembangunan pariwisata di tingkat Kecamatan,

 

 

 

 

 

 

 

 

(Dibaca total 82 kali, dibaca 1 kali hari ini)