Kondisi saluran irigasi kantong yang rusak akan segera diperbaiki

Kondisi saluran irigasi kantong yang rusak akan segera diperbaiki

KARANGNANGKA– Menyikapi dan menindaklanjuti keluhan beberapa petani di desa, yakni Desa Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas, yang sudah hampir lima tahun tidak bisa mengelola areal persawahan miliknya dengan baik, karena rusaknya saluran irigasi yang mengaliri ke lahan persawahan mereka itu.

Pantauan di lapangan, terlihat jelas kondisi kerusakan saluran irigasi di wilayah kantong yang berbatasan dengan desa Beji yang rusak akibat bencana jebolnya tanggul tepi sungai yang terjadi hampir  lima tahun silam itu sepanjang 70  meter. Kerusakan irigasi itu berimbas pada berkurangnya debit air yang di pakai para petani dan akan hilangnya lahan tersebut terkikis air. Imbasnya, petani tidak bisa bersawah dan pendapatan mereka pun menurun.

  Kepala Desa Karangnangka Jafar Aerudin, Sabtu  (7/5) mengatakan, pemdes sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 29.169.000,-.

Untuk perbaikan saluran irigasi kantong anggaranya berasal dari alokasi Dana Desa yang sudah di anggarkan dalam APBDes 2016, dengan perbaikan saluran ini diharapkan dapat berfungsi kembali seperti sedia kala,” katanya

 Kerusakan saluran irigasi tersebut sering dikeluhkan petani yang tidak mendapatkan pasokan air memadai untuk memperlancar aktivitas bercocok tanam.

Untuk mendukung peningkatan produksi pertanian guna mewujudkan swasembada pangan, Pemerintah desa karangnangka  telah memprogram rehabilitasi irigasi yang rusak itu,” imbuhnya

(Dibaca total 133 kali, dibaca 1 kali hari ini)