Ketua tim pengerak PKK Kecamatan Kedungbanteng memberikan sambutan pada penilaian PHBS tingkat Kabupaten

KARANGNANGKA- Tim lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, Senin (1/9/15), melakukan penilaian di Desa Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas.
Tim lomba Kabupaten diketuai oleh Ibu Siwi Utami,SKM,MKes  bersama rombongan dari Kabupaten dan Kecamatan Kedungbanteng berkeliling melihat Desa Karangnangka yang dijadikan penilaian kategori lomba PHBS tersebut setelah ekpose PHBS disampaikan oleh kader Desa Karangnangka.
Hadir pada penilaian lomba PHBS,Ketua PKK Kecamatan Kedungbanteng Ny Ani Setyaningsih Purjito ,Kepala Puskesmas Kedungbanteng,Kepala Desa Karangnangka, Kader PKK, Kader posyandudan , pengurus Forum Kesehatan Desa (FKD).
Kepala Desa Karangnangka Jafar Aerudin mengatakan,” Tujuan PHBS untuk memotivasi bagaimana meningkatkan PHBS dirumah tangga.Kemudian mengevalusi kegiata yang telah berlalu,karena jika tidak ada lomba maka evaluasi tidak dilakukan.Kemudian dalam penilaian lomba berdasarkan buku panduan setiap tahun.Dari sana titik tolak,kita melakukan penilaian. PHBS ini merupakan ujung tombak terwujudnya kesehatan dalam rumah tangga.Kesehatan ini memang membutuhkan waktu yang cukup panjang dan harus ada target yang harus dicapai. ,”katanya.

Ketua Tim Pengerak PKK Kecamatan Kedungbanteng Ani Setyaningsih Purjito mengatakan,” bahwa lomba ini dilatarbelakangi dari berbagai masalah kesehatan, dimana penyakit–penyakit tersebut sangat berkaitan erat dengan ”Gaya Hidup” dalam keseharian kita yang tanpa kita sadari gaya hidup kita yang buruk itu adalah akibat dari urbanisasi dan Modernisasi.

Sehingga anak – anak kini susah makan sayur, kita juga disibukkan dengan pekerjaan yang melalaikan kita dari Olah Raga, udara kotor yang kita hirup bahkan hingga makanan dengan pengawet, pemanis dan pewarna yang amat membahayakan.
untuk mendapatkan kesehatan perlu memperhatikan perilaku hidup bersih dan sehat. Dan diharapkan kepada masyarakat untuk menerapkan PHBS dalam kehidupan sehari-hari.
Dikatakannya,terpilihnya Desa Karangnangka sudah melalui berapa prosedur seperti lomba tingkat Desa dan mewakili Kecamatan Kedungbanteng pada tingkat Kabupaten kali ini .” Kepada masyarakat untuk selalu menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat dalam sehari-hari,”harapnya.
Sementara Kabid P2KPK Kemitraan dan Promosi Kesehatan Kabupaten Banyumas Siwi Utami,SKM,MKes menjelaska,”  bahwa penerapan PHBS Desa Karangnangka sudah diterapkan sebagian masyarakat desa. Tidak hanya pada lomba saja dilakukan PHBS.
PHBS ini harus tetap terus berjalan bukan karena lomba. Dengan PHBS bisa membuat hal positif tetap utuk kehidupan kita sehari-hari. Dan diharapkan dapat memotivasi masyarakat lebih meningkatkan lagi hidup bersih dan sehat.

Apalalagi Desa Karangnangka pernah mendapat bantuan untuk jambanisasi,nantinya penilaian PHBS ini diharapkan dapat mendorong munculnya kebijakan maupun komitmen bersama dalam menjaga perilaku hidup bersih dan sehat agar masyarakatnya dapat berdaya,”jelasnya

Maka dari itu, marilah kita mulai lagi untuk berperilaku hidup bersih dan sehat dengan dimulai dari sikap mental dan perilaku kita karena “Gaya Hidup Sehat “ itu mudah namun hasilnya sangat luar biasa. Hanya dengan empat kalimat, maka hidup sehat akan tercapai, yaitu makan makanan yang bergizi seimbang, olah raga secara teratur dan terukur, stop rokok dan kurangi alkohol, serta mental batin yang tenang dan seimbang,” ungkapnya.
pembangunan kesehatan di Indonesia diarahkan untuk mencapai visi Indonesia Sehat yaitu masa depan di mana bangsa Indonesia hidup dalam lingkungan sehat, penduduknya berperilaku hidup bersih dan sehat serta mampu menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu,” imbuhnya

 

(Dibaca total 506 kali, dibaca 1 kali hari ini)