Kader Posyandu dengan serius mengikuti pelatihan PHBS

KARANGNANGKA- Sebanyak 28 orang kader posyandu dari 16 Rukun Tetangga Desa Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng Banyumas mengikuti pelatihanPerilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Tatanan Rumah Tangga Bagi Kader yang diselenggarakan oleh Puskesmas Kedungbanteng di Ruang PKK Karangnangka, Senin 26/8.

Materi yang di berikan mengenai indikator perilaku hidup bersih dan sehat bagi masyarakat.

Pelatihan diselenggaran untuk persiapan penilaian dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas yang mana dari Kecamatan Kedungbanteng mewakilkan desa Karangnangka untuk maju pada penilaian PHBS tersebut.

Ambar Purwaningsih salah satu pemateri dari Puskesmas Kedungbanteng mengatakan,” Penilaian Perilaku Hidup Bersih dan Sehat merupakan agenda tahunan dari Dinas Kesehatan Kabupaten yang dilombakan, sehingga bagi desa yang akan mewakili kecamatan terutama kader posyandu perlu memahami mengenai PHBS yang nantinya dapat untuk mengedukasi masyarakat atau warga dilingkungannya,”katanya.

Ada 16 indikator Perilaku Hidup Bersih dan Sehat diantaranya persalinan oleh tenaga kesehatan, anggota rumah tangga tidak merokok, mempunyai jamban sehat, olah raga 3 kali dalam satu minggu serta penimbangan balita,”imbuhnya.

(Dibaca total 397 kali, dibaca 4 kali hari ini)