Adipati Jayeng Prawiro dengan dua istri sedang memberikan wejangan pada para emban di pentas ketoprak humor

KARANGNANGKA– Adipati Jayeng Prawiro yang menjadi Adipati di Karanggori mempunyai beberapa wilayah bawahan salah satunya Gembrongsari, warga Gembrongsari merasa resah dengan adanya gerombolan begal yang di pimpin oleh Sontolyo yang dengan kejam merampok dan membawa para perempuan desa.

Ini menimbulkan gejolak di Kadipaten Karanggori terutatama Adipati dan para Tumenggung sehingga para punggawa diundang ke kadipaten untuk membicarakan kekacauan yang terjadi agar segera diatasi.

Cerita di atas sepengal adegan ketoprak humor dengan judul “Begal Ing Karanggori” yang dimainkan oleh warga masyarakat Desa Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng Banyumas, Sabtu 22/8 dalam rangka memperingati ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 70 tahun bertempat di Balai Desa Karangnangka.

Ketoprak humor yang di sutradarai oleh Kasworo,SH sangat menghibur bagi masyarakat desa Karangnangka, dan sekitarnya yang datang menyaksikan terbukti dengan penuh sesaknya tempat yang di sediakan panitia sehingga bagi yang tidak mendapat tempat duduk terpaksa berdiri di pinggir jalan untuk menyaksikan pentas tersebut.

Kepala Desa Karangnangka Jafar Aerudin mengatakan,” ketoprak humor ini sangat menghibur masyarakat, apalagi alur ceritanya tentang kondisi desa saat ini yang membuat penonton tertawa terus menerus dengan humoranya para pemain yang berdandan dengan cara yang lucu,”katanya

Kami berharap semoga ketoprak ini tidak hanya pentas di malam ini saja akan tetapi dapat berkelanjutan, malam ini sebagai moment yang bagus untuk menghidupkan kembali kesenian ketoprak yang ada di desa Karangnangka,” imbuhnya.

Riswan salah satu warga menyampaikan,” saya sepakat kalau karangnangka ada lagi group ketoprak seperti jaman tahun 1980 disamping dapat menghibur juga uri-uri kebudayaan, syukur bisa setiap berapa bulan sekali dapat pentas dibalai desa sehingga masyarakat terhibur sekalian sebagai ajang silaturahmi antar warga,”ujarnya.

(Dibaca total 116 kali, dibaca 1 kali hari ini)