Karnaval tingkat desa karangnangka panjang menggular menyedot pengunjung lain desa

KARANGNANGKA– Perayaan karnaval yang digelar Pemerintah  Desa Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng Banyumas, Senin (17/8) menyedot ratusan orang dari luar desa di sekitar Karangnangka dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang tua.
Antusias warga lain desa terutama anak-anak dan orang tua  untuk menyaksikan karnaval sangat tinggi.
Karena hampir di sepanjang rute perjalanan perayaan karnaval yang dimulai dari GOR Wasesa Desa Karangnangka hingga Jalan Raya dan Jalan Lingkar , dipenuhi warga untuk menyaksikan karnaval tersebut. Sehingga Hansip dan Banser yang menjaga keamanan bekerja keras untuk mengatur lalu lintas yang melewati Jalan Raya untuk mengalihkan ke jalur lain karena ruas jalan dipenuhi peserta karnaval.
Warso  panitia karnaval  mengatakan,” karnaval ini diikuti sebanyak 1600 yang terdiri dari 16 Rukun Tetangga yang diikuti semua masyarakat dari anak-anak sampai orang tua setempat dan organisasi kemasyarakatan.
Sebanyak 16 grup peserta karnaval, sebagian didomisi para pejalan kaki yang dikuti grup drumband dengan mengunakan kaleng bekas maupun jerigen.
Dan yang lainnya membawa berbagai macam replika seperti sapi, tikus, ikan, gajah, maupun peralatan perang baik senapan, tank, kapal. Sedangan peserta yang lain berdandan dengan  berbagai macam dandanan sesuai peran masing-masing dalam suatu group karnaval.
Karnaval yang diadakan setiap dua tahun sekali ini, menampilkan berbagai aksi menghibur, diantaranya, sholawatan, drama, silat, tari-tarian, kuda lumping dan kentongan,” katanya.
Sementara itu, kostum dan penampilan yang dipakai masing-masing peserta karnaval pun sangat menarik perhatian warga, mulai dari pakaian adat jawa, madura, pramuka, badut, silat, jaksa, polisi, atltit, petani, bidan, pasukan perang dan lainya.
Tujuan kegiatan karnaval ini adalah untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-70.
“Kegiatan ini sebagai wujud nyata untuk melestarikan tradisi dalam menyemarakkan peringatan HUT RI ke-70,” paparnya.
Ia menambahkan, perayaan karnaval merupakan kegiatan yang dilakukan pleh pemerintah desa, guna untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan menumbuhkan persatuan dan kesatuan akan cinta tanah air Indonesia,”imbuhnya
Nasori salah satu warga yang menonton mengungkapkan,” baris-baris tahun siki jan bagus pisan, soale kabeh RT ngetokna dadi akeh wernane, tur tek deleng jumlah sing melu baris meh satus lewih serombongan dadi ramai temenan ( karnaval sekarang betul-betul bagus sekali sebab semua RT mengeluarkan jadi banyak macamnya, juga kalau dilihat yang ikut karnaval hampir seratus lebih setiap group sehingga ramai sekali),” ungkapnya
Sejlege aku nang Karangnangka awit jaman jepang kayane tembe tahun siki sing ana baris-baris ramene kaya kie (Sejak saya di Karangnangka mulai jaman Jepang sepertinya baru tahun sekarang ada karnaval ramainya seperti ini),” jelasnya

(Dibaca total 137 kali, dibaca 1 kali hari ini)