Petugas cacah lapangan PBDT 2015 mendapat pelatihan sebelum terjun mencaah responden

KARANGNANGKA– Dua perangkat Desa Karangnangka  Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas, Rabu 10-12 Juni 2015   bertempat di Queen Garden Baturraden mengikuti pelatihan petugas pendataan rumah tangga Pemutakhiran Basis Data Terpadu 2015,
Pemutakhiran Basis Data Tahun 2015 (PBDT 2015) adalah suatu kegiatan nasional untuk melakukan perbaikan terhadap data karakteristik rumah tangga Basis Data Terpadu (BDT) baik data dari program maupun dinas-dinas terkait serta hasil Forum Konsultasi Publik (FKP) di masing-masing desa.
BDT merupakan hasil pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) 2011 dan sumber data lain yang dikelola oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) dari 2012-2014, seperti rumah tangga penganti penerima Kartu Perlindungan Sosial (KPS) hasil musyawarah desa (musdes). Kegiatan PBDT 2015 perlu dilakukan karena selama periode 2011-2014 besar kemungkinan telah terjadi perubahan kondisi sosial ekonomi masyarakat khususnya penerima bantuan program perlindungan sosial. PBDT 2015 dilaksanakan berdasarkan Inpres No. 7 tahun 2014 tentang Pelaksanaan Program Simpanan Keluarga Sejahtera, Program Indonesia Pintar dan Program Indonesia Sehat untuk membangun keluarga produktif.
Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Banyumas Gunawan,SE dalam pembukaan pelatihan menyampaikan,” saya percaya dengan keikutsertaan para pencacah dalam kegiatan pendataan PBDT  2015 ini  akan memberikan kontribusi positif bagi upaya BPS memberikan kualitas data, pada lingkungan pemerintah ,” jelasnya.
Prioritas kualitas data valid merupakan tujuan paling utama BPS,  kualitas data tidak hanya ditentukan oleh metode ukir akan tetapi  sangat dipengaruhi oleh bagaimana kinerja petugas dilapangan dalam melakukan kegiatan ini  juga bagaimana informasi yang disampaikan  responden pada petugas di lapangan,” imbuhnya.
Pelatihan Pemutakhiran Basis Data Terpadu 2015 diikuti kurang lebih 1000 orang dari 27 Kecamatan yang ada di Kabupaten Banyumas yang digabung    5i -7 Kecamatan dalam pelatihan tersebut. Kegiatan pemutakhiran basis data terpadu tersebut akan di mulai dari tanggal 16 Juni sampai dengan 15 Juli 2015, sedang petugas pencacahnya berasal dari masing-masing desa yang telah ditunjuk oleh Kepala Desa untuk menjadi petugas sebanyak 2-3 orang tergantung banyak atau sedikit para responden yang akan di cacah berdasarkan PBDT 2015 hasil Forum Konsultasi Publik yang sudah dilaksanakan di setiap desa sebagai awal kegiatan pemutakhiran data.
Pada pelaksanaan dilapangan nantinya petugas pencacah tidak ada kapasitas untuk menentukan rumah tangga sasaran akan mendapat program apa tidak akan tetapi hanya mencacah berdasarkan data yang sudah ada untuk mengecek keberadaan responden dengan kondisi yang ada sekarang.

(Dibaca total 82 kali, dibaca 1 kali hari ini)