Petugas Badan Pusat Statistik menjelaskan teknis Program Basis Data Terpadu 2015 di pertemuan para ketua RW dan RT

KARANGNANGKABadan Pusat Statistik (BPS) wilayah Kecamatan Kedungbanteng, Senin malam 1/6/2015 menyelenggarakan Forum Komunikasi Publik yang berkaitan dengan penduduk dalam rangka Program Pemutakhiran Basic Data Terpadu (PBDT) tahun 2015 bertempat di Joglo Coklat Desa Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng Banyumas.

Achmad Rusdiyanto ketua RT 01/03 mengatakan,” kami berharap agar nantinya dengan adanya PBDT 2015 ini akan memberikan pemahaman bagi masyarakat sehingga ketika data ini dipakai sebagai pengambil kebijakan oleh pemerintah seperti jamkesmas atau sejenisnya kami betul-betul memahami, supaya nantinya kalau betul ada subsidi dari pemerintah dapat menjelaskan pada warga masyarakat yang tidak mendapatkannya,” katanya.

Kurnianto petugas BPS Kecamatan Kedungbanteng menyampaikan,” pada malam hari ini  kita kumpul bukan untuk menentukan siapa yang akan menerima bantuan, akan tetapi mengecek warga yang sudah terdaftar pada basic data . Apa warga itu sudah pindah, meninggal, bukan siapa menerima dan siapa tidak menerima karena data itu berasal dari data sensus tahun 2011 yang perlu di perbaharui sebagai basis data yang akan di kelola oleh pemerintah pusat untuk mengambil kebijakan,” jelasnya.

Nantinya setelah para ketua Rukun Tetangga yang hadir malam hari ini mengecek data nama para kepala keluarga masing-masing diwilayahnya data tersebut  diserahkan kembali pada BPS untuk di cetak yang akan digunakan untuk Program Perlindungan  Sosial (PPLS) desa Karangnangka untuk mensensus setiap nama yang sudah ada tadi dalam basis data dan memberikan beberapa pertanyaan yang harus di jawab dengan jujur oleh rumah tangga sasaran,” imbuhnya.

Hadir dalam forum konsultasi penduduk Kepala Desa Karangnangka beserta perangkatnya, Badan Pusat Statistik Kecamatan, Koordinator Pendamping PPLS para ketua Rukun Warga, Rukun Tetangga dan ketua Lembaga Pemeberdayaan Masyarakat Desa (LPMD).

(Dibaca total 50 kali, dibaca 1 kali hari ini)