TNI dan kelompok tani bergotong-royong menyingkirkan longsoran yang menutupi aliran irigasi

KARANGNANGKA- Guna memperlancar aliran sungai irigasi yang tertimbun longsoran batu padas dan tanah yang berada di wilayah RT 02/01 Desa Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng, anggota TNI dari Koramil Kedungbanteng bersama-sama dengan kelompok tani dan Banser, Rabu 13/5 membantu masyarakat petani membersihkan saluran irigasi memperlancar pengairan persawahan petani dengan bergotong royong mengangkat longsoran tersebut.

Saluran irigasi yang berada di sebelah barat wilayah desa Karangnangka satu-satunya aliran sungai yang mengairi semua area persawahan desa Karangnangka bagian selatan.

Jafar Aerudin Kepala Desa Karangnangka mengatakan,” keterlibatan TNI dalam kerja bakti dengan petani atau memperlancar sarana pertanian, sesuai Memorandum Of Understanding (MoU) dengan pemerintah.

TNI berperan untuk mendampingi para petani dalam meningkatkan produktivitas hasil pertanian sawah, juga membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi petani dalam menghadapi kendala di lapangan. Bahkan memberikan pengetahuan tentang teknologi pertanian yang baik.

TNI tidak hanya membantu petani untuk memperbaiki atau menyingkirkan material longsoran. Juga menerapkan teknologi pertanian modern.

Ketua Kelompok Tani Mardi Luhur Achmad Kodirin menyampaikan,” petani menyambut baik kehadiran TNI dalam membantu petani yang telah membersihkan saluran irigasi yang tertimbun longsoran sehingga aliran air menjadi lancar.

Kita bersyukur, kegiatan gotong royong membersihkan saluran irigasi kali gunung secara bersama–sama dengan TNI dan Banser sehingga para petani sangat terbantu. Tanaman padi sangat membutuhkan air, dengan lancarnya saluran irigasi, maka persawahan petani bertambah baik dan terhindar dari hama penyakit mengingat untuk bulan ini banyak yang tanam padi,” ujarnya.

Di sela-sela pembersihan longsoran Ketua P3A Wirya Atmaja menjelaskan,” irigasi menjadi hal yang paling utama alam pertanian. Sebab jika sarana irigasi buruk maka hasil pertanian tentu tidak akan bisa baik, khususnya tanaman padi. Dengan irigasi yang baik, diharapkan hasil pertanian akan maksimal dan sekaligus dilakukan dalam upaya mendukung peningkatan produksi padi, apalagi salah satu penopang untuk ketahanan pangan di Kabupaten Banyumas,” jelasnya

Hadir dalam kerja bakti tersebut Danramil Kedungbanteng, Dinas Pengairan Ketua Gapoktan, Banser dan para kelompok tani yang ada di Desa Karangnangka serta warga masyarakat yang memanfaatkan air sungai gunung.

(Dibaca total 70 kali, dibaca 1 kali hari ini)