Perangkat Desa dalam sosialisasi PBB-P2

KANGNANGKA-Pemerintah kabupaten Banyumas mengambil kebijakan melakukan sosialisasi terhadap para kepala Desa, Koordinator pemunggut dan pemunggut pajak untuk dua Kecamatan yaitu Kecamatan Kedungbanteng dan Karanglewas di Aula Kecamatan Karanglewas, pada Kamis 5/3/2015.

Dari desa Karangnangka mengirimkan empat orang perangkat desanya yaitu Sekretaris Desa, Kasi Pemerintahan, Kepala Dusun satu dan dua untuk mengikuti sosialisasi tersebut.

Sosialisasi dilakukan terkait dengan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2). Kegiatan ini dilakukan untuk mencapai target pendapatan Rp42 miliar dari sektor PBB-P2 tahun 2015.

Susanto dari DPPKAD mengatakan,“ pemerintah daerah menargetkan PAD dari PBB-P2 Rp42 miliar tahun 2015 akan tetapi ini bisa naik karena ada sembilan kecamatan yang PBB nya naik , akan tetapi kenaikanya tidak begitu banyak sehingga perkiraan capaian PAD hanya Rp.45 miliar,” katanya.

Menurut Susanto, kenaikan target PBB, tidak semata-mata, karena jumlah wajib pajak bertambah. Namun, potensi mengalami kerugianyanya harus dikurangi, sehingga capaian dari PBB lebih maksimal.

“Potensi mengalami kerugian harus dikurangi, sehingga target tahun depan tercapai,” tegasnya.

Dia juga mengimbau wajib pajak di dua Kecamatan taat bayar pajak. Susanto menjanjikan, pajak yang diterima dan masuk PAD akan digunakan untuk pembangunan.

Kami juga mengimbau seluruh masyarakat membayar pajak. Karena 100 persen PBB dikelola daerah, untuk membantu masyarakat, kita sudah bekerja sama dengan Bank Jateng sebagai tempat pembayaran oleh wajib pajak,” imbuhnya

(Dibaca total 63 kali, dibaca 1 kali hari ini)