KARANGNANGKA- Belasan petani yang tergabung dalam kelompok tani”Mardi Luhur”Desa Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng Banyumas,Jum’at 21/11 melaksanakan kegiatan kerja bakti melebarkan jalan yang menuju lahan pertanian panongan sepanjang 100 meter.

Kawasan pertanian panongan merupakan lahan pertanian yang berada di sebelah timur laut desa Karangnangka yang dahulu sebagai awal berdirinya desa Karangnangka dengan nama Kapulutan.

Akses jalan tersebut merupakan jalan vital bagi para petani namun karena sempit sehingga perlu dilebarkan agar para penguna jalan merasa nyaman.

Pelebaran jalan tersebut merupakan hasil kesepakatan para petani mengingat kondisi jalan sangat sempit.Kesepakatan itu terjadi satu minggu sebelum pelaksanaan kerja bakti dalam pertemuan bulanan kelompok tani Mardi Luhur.

Salah satu petani Ali Sodikin mengatakan”gagasan untuk pelebaran jalan yanh menuju panongan sudah lama ini dilatarbelakangi keluhan para petani dan pemakai jalan karena setiap panen padi maupun lainya selalu kesulitan dalam mengangkut hasil pertanianya.

Sudah lama sebetulnya warga maupun petani meminta pada pihak desa untuk segera melakukan pelebaran jalan tersebut sebagai jalur pertanian dan ekonomi.Namun karena mungkin keterbatasan dana belum direalisasikan,”katanya.

Sehingga para petani yang tergabung pada kelompok tani mengambil kesepakatan melebarkan jalan dengan cara swadaya murni dari warga dan petani,sehingga nantinya petani danwarga merasa nyaman ketika melalui jalan tersebut,”imbunnya

Kadus 2 desa Karangnangka menyampaikan,”sebenarnya jalan pertanian yang menuju ke kawasan panongan sudah masuk di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM tapi para petani juga harus siap dan membolehkan lahanya di kurangi ketika nanti jalan itu mengenai sawahnya,”ujarnya

Kalau jalan yang 100 meter itu menggunakan tanah desa yang berbatasan dengan pemakaman umum sehingga tidak menjadi masalah ketika dikurangi untuk jalan,”ucapnya.

(Dibaca total 82 kali, dibaca 1 kali hari ini)