Pendidikan karakter harus ditanamkan sejak usia dini melalu kegiatan pramuka bagi sekolah dasar

KARANGNANGKA- Tiga puluh tiga sekolah dasar baik SD negeri maupun Madrasah Ibtidaiyah se wilayah Kedungbanteng yang menjadi anggota Pramuka Siaga mengikuti Pesta Siaga Tahun 2014 yang di adakan oleh Pramuka Kwartir Ranting Kedungbanteng,Sabtu 15/11/2014 bertempat di Lapangan desa Dawuhan Wetan Kecamatan Kedungbanteng Banyumas,pesta siaga yang mengambil tema “Siaga cerdas,bertaqwa,berbudi pekerti luhur, bertindak disiplin,trampil,gembira dan bersaudara’ tahun 2014 ini dibuka oleh Camat Kedungbanteng.

Dalam sambutanya Camat kedungbanteng menyampaikan,” kegiatan pesta siaga sangat bagus untuk membentuk jiwa Praja muda karana (Pramuka) sejak dini , sebab anak usia sekolah dasar menjadi sangat penting untuk meletakan pondasi karakter anak didik sesuai dengan jiwa pramuka.

Kami mengucapkan selamat berpesta dan berlomba semoga semoga anak-anak selalu senang dan gembira untuk meraih prestasi yang diinginkan,”ucapnya.

Dari Sekolah dasar negeri Karangnangka mengirimkan 2 barung putra dan 2 barung putri untuk mengikuti pesta siaga tersebut.Masing-masing barung harus memasuki warung yang telah di sediakan oleh panitia untuk memperoleh nilai dan setiap barung harus mengumpulkan nilai yang diberikan oleh tim penilai di setiap warung.

Kegiatan pesta siaga ini merupakan acara tahunan yang dilaksnakan untuk memilih barung terbaik yang akan menjadi wakil kwaran Kedungbanteng di ajang yang sama ditingkat kabupaten.

Kegiatan ini memang ditujukan mengarahkan kemampuan dan ketrampilan supaya lebih baik terutama bagi para Pramuka siaga.

Dengan kegiatan pesta siaga anak akan menjadi mandiri, bertanggungjawab,berani dan jujur. Karena dalam pesta siaga selain persiapan fisik siswa juga dituntut untuk menguasai materi yang dilombakan. Materi lomba sudah di tentukan oleh panitia yang di tuangkan dalam petunjuk teknis meliputi peraturan baris berbaris, peran, hafalan surat pendek, tali temali, estafet bola, ketakwaan dan keimanan, budaya, geguritan, yel-yel pramuka.

Setiap kegiatan yang dilakukan harus selalu kerja sama sebagai prinsip pramuka yang mengutamakan kerjasama kemandirian,kepemimpinan,ketrampilan dan persahabatan.

(Dibaca total 67 kali, dibaca 1 kali hari ini)