KARANGNANGKA- Ratusan warga masyarakat desa Karangnangka Kec. Kedungbanteng Kamis 5/6 berbondong-bondong mendatangi Aula Satria Kecamatan Kedungbanteng,mereka datang dengan naik angkutan maupun membawa motor sendiri sejak pagi.
Pemandangan seperti ini semakin siang semakin ramai masyarakat yang datang tidak hanya dari desa Karangnangka saja tetapi dari desa lain dalam wilayah Kecamatan Kedungbanteng.

ANTRI: demi sebuah legalitas mereka rela menunggu satu hari untuk antri

Ternyata mereka para pemohon akta kelahiran yang memang dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyumas mendatangi tiap Kecamatan istilahnya jemput bola untuk melayani pemohon akta kelahiran.
Dengan berlakunya undang-undang yang tidak memungut biaya dalam pembuatan akta kelahiran mengakibatkan begitu besar animo masyarakat untuk mendapatkan legalitas seseorang yang memang sudah menjadi tanggungjawab pemerintah untuk kelengkapan administrasi kependudukan warganya.
Salikhun (33) salah satu warga yang mengajukan akta kelahiran anaknya mengatakan “awal tahun saya mengajukan di kantor dindukcapil akan tetapi selama dua hari berkas permohonan saya tidak terkoreksi karena banyaknya pemohon sehingga saya putuskan untuk menunda permohonan tersebut,”katanya
Waktu dari pemerintahan desa menyampaikan kalau permohonan akta kelahiran akan dilaksanakan di Kecamatan saya ikut,saya tidak susah karena pemerintah desa mefasilitasi baik kolektif maupun dalam pengisian formulirnya,”imbunya
Warga lainya Sustinah (38) menyampaikan”saya berangkat jam 8 pagi belum juga di panggil padahal sekarang sudah jam tengah tiga. Dari sisi cara pelayanan mendekat pada masyarakat sudah bagus tinggal secara teknisnya yang belum baik sehingga ini memindahkan saja ramai dan sesak yang ada di dindukcapil pindah ke Kecamatan dan antrinya begitu lama hampir satu hari,yang lebih penting ada kejelasan kapan ataupun tanggal jadinya akta kelahiran itu jangan hanya informasi jadinya tiga bulan dari penerimaan berkas,kaitanya dengan mereka yang akan membutuhkan akta tersebut,”jelasnya.
Dokumen bagi warga negara baik Kartu Tanda Penduduk,Kartu Keluarga paspor maupun dokumen lainya adalah sebuah keharusan yang tidak bisa di abaikan karena tanpa dokumen masyarakat akan kesulitan dalam mengurus segala sesuatu yang kaitanya dengan administrasi yang syaratnya harus mempunyai dokumen pribadi.

(Dibaca total 31 kali, dibaca 1 kali hari ini)