KARANGNANGKA- Tanggal 21 April merupakan hari hari sejarah bagi kaum ibu,begitu juga bagi ibu-ibu PKK Desa Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng untuk memperingati Hari Kartini yang ke 135, bertempat di Joglo Wirayuda Senin 21 April 2014 mengadakan berbagai lomba seperti merangkai bunga dari limbah plastik, cerdas cermat dan yang lebih menarik lomba pemanfaatan pekarangan dengan berbagai jenis tanaman sayuran.
Perlombaan dengan tujuan mengenang perjuangan tokoh pahlawan perempuan Raden Ajeng Kartini yang semasa hidupnya sebagai pembela emansipasi wanita di laksanakan atas kerjasama Forum Kesehatan Desa dan PKK Desa Karangnangka.
200 rumah tangga yang memanfaatkan pekarangan telah di nilai oleh enam tim yuri yang terdiri dari Kader Posyandu dan anggota FKD mulai tanggal 14- 19 April. Sedangkan untuk perlombaan cerdas cermat dan merangkai bungai pesertanya dari masing-masing perwakilan Rukun Tetangga (RT) yang terdiri dari enam belas RT sehinggan setiap RT harus mengikutkan empat orang wakilnya sebagai peserta untuk dua jenis lomba,tiga orang mengikuti LCC dan satu orang merangkai bunga.
“Kami menekankan pada setiap RT untuk mewakilkan ibu-ibu yang mengikuti lomba sedang bagi anak gadis yang belum berumah tangga tidak di perkenankan menjadi peserta,” kata Ketua Tim pengerak PKK sekaligus penanggung jawab kegiatan.
Kepala Desa Karangnangka Jafar Aerudin berharap dengan kegiatan itu, dalam rangka mengenang perjuangan RA Kartini akan tetapi nantinya apa yang telah dilakukan bisa di teruskan oleh ibu-ibu warga RT di wilayah desa Karangnangka, terutama pemanfaatan pekarangan sehingga setidak-tidaknya akan menguranggi pengeluaran belanja kalau mau menanam apa yang kadang kita beli,”ujarnya
Supriyati,S.Pd selaku Koordinator penilaian lomba menjelaskan,” untuk juara I pemanfatan pekarangran di raih oleh RT 02/03, juara II RT 01/06 sedangkan RT 02/05 sebagai juara III. Sedangkan untuk juara Lomba Cerdas Cermat Kader keluar juara I pos I disusul pos 5 dan pos 3, dari lomba merangka bungai dari limbah di raih oleh RT 02/02, RT 02/01, RT 01/02,” jelasnya.

(Dibaca total 64 kali, dibaca 1 kali hari ini)