Jalan Sehat : Olah raga yang menyehatkan tapi murah

KARANGNANGKA- Minggu 22/12. 500 orang warga masyarakat Desa Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng Banyumas mengikuti jalan sehat yang diadakan oleh Forum Kesehatan Desa (FKD) dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) desa karangnangka, dalam rangka memperingati hari ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember.

Sebelum jalan sehat panitia juga telah mengadakan bakti sosial pemeriksaan Inspekuto Vagina Acezit (IVA) bagi ibu-ibu yang masih usia produktif dalam rangka hidup sehat dan penanggulangan penyakit HIV/AID secara dini.

Disamping itu juga diadakan lomba foto bayi sehat usia bawah tiga tahun dan peragawan/peragawati bagi anak-anak usia bawah lima tahun serta lomba joget untuk ibu-ibu.

Meskipun mendung bergelayut di desa Karangnangka,Ketua PKK Rusmiyati yang akrab disapa bu Rus, antusias memimpin jalan sehat bersama warga yang terdiri dari anak-anak dan ibu-ibu menyusuri jalan lingkar. Jalan sehat sepanjang lebih kurang 6 kilometer ini diikuti juga rombongan istri perangkat, kader posyandu .

Pada kesempatan itu, Supriyati,SPd ketua Panitia menyampaikan” bahwa jalan sehat merupakan kegiatan positif yang sehat, murah dan bermanfaat memupuk kebersamaan antarwarga,” jelasnya

“Saya apresiasi semangat dan antusias warga masyarakat Karangnangka dalam mengukuti kegiatan jalan sehat bersama ini. Meskipun langit mendung, tidak melunturkan semangat warga. Selain sehat, jelas kegiatan ini dapat mempererat kebersamaan masyarakat ,” imbuhnya

Jalan sehat yang diikuti oleh ratusan orang tersebut berlangsung dengan meriah. Untuk menambah kemeriahan, Panitia menyediakan 250 doorprize dengan hadiah utama berupa satu unit kompor gas dan hadiah menarik lainnya.

Sambil mengundi kupon doorprize untuk para peserta juga dihibur musik organ tunggal sambil melihat lomba joget ibu-ibu dan lomba peragawan dan peragawati anak-anak.

Sedangkan dari lomba foto balita sehat yang diikuti oleh 35 anak , keluar sebagai juara satu Kumaraya Tungga Dewi dengan nilai 509 dari pos dua Karang Balita, Radita Siza Naraya juga dari pos 2 dengan nilai 499, tempat ketiga Setyo Ibnu Damara nilai 498 pos 6, sedangkan pos 1 dengan nilai 493 atas nama Nasywa Azalia Yueda menduduki peringkat empat, Nilai 492 di peroleh oleh Jaris Aska Al Atar dari pos 6, menempati urutan terakhir dengan nilai 489 adalah Satria Daniz dari pos 6. Sedangkan untuk lomba peragawan dan peragawti di menangkan oleh juara Naswa dari pos 7, urutan 2 sebagai juara Tiwi Dwi Aprilia juga dari pos 7, sedang sebagai juru kunci di menangkan oleh Sifa dari pos 1.

Orang tua yang mendapat juara lomba foto bayi sehat bersama panitia

Runtiyah (42) salah satu panitia mengatakan,” peringatan hari ibu tahun ini memang ada yang berbeda karena kami ingin memberikan perhatian yang lebih pada masyarakat desa Karangnangka terutama yang kaitanya dengan kesehatan ibu-ibu dan anak-anak , untuk itu kami mengambil tema dalam peringatan Hari Ibu ini “Menurunkan angka kematian ibu melahirkan dan penyebaran Virus HIV/AID” katanya

Sedangkan Isnaeni (34) salah satu warga RT 01/04 menyampaikan,” saya merasa terhibur dengan kegiatan jalan sehat ini yang murah meriah tapi menyehatkan, disamping saya dapat berbaur dengan warga lain yang beda RT, kalau doorprize bukan tujuan utama saya tapi silaturahmi itu yang penting dan kalau bisa ini menjadi kegiatan rutin ” ujarnya.

(Dibaca total 57 kali, dibaca 1 kali hari ini)