Memancing sebagai sarana edukasi murah

KARANGNANGKA- Rekreasi edukasi tidak selalau mahal.Salah satunya dalah ditempat pemancingan yang dikelola Perkumpulan Remaja Tiga Empat (Perak Tim) desa Karangnangka Kedungbanteng Banyumas. Selain praktis sebab bisa mengajak serta seluruh keluarga, anak-anakpun bisa bermain di sungai yang airnya masih jernih maupun bisa belajar bagaimana petani gurameh memanen telornya dan melihat peternakan sapi dengan nuansa alam pedesaan sehingga anak-anak mendapat pendidikan tentang alam dan lingkungan.

Pemancingan Peraktim dapat menjadi lokasi tujuan yang tepat karena tempatnya strategis dekat dengan jalan raya Karangnangka-Beji. Pemancingan ikan air tawar ini menyediakan tempat yang aman bagi semua usia.

Berada di tepi sungai Gunung dengan hawa yang sejuk serta jalan tepi sungai yang tertata rapi dan bersih, sehingga aman kalau anak-anak ikut memancing serta sungainya dangkal untuk berenang.

Biasanya kalau hari minggu banyak yang membawa anaknya ikut memancing, jadi kami berusaha membuat semuanya nyaman selama orang tuanya memancing,” jelas Yudi Namyeng pengelola pemancingan

Kami sangat terbuka untuk siapa saja yang mau mancing disini, secara pribadi dia sangat senang melihat anak-anak memancing, sebab kegiatan sederhana ini bisa mendidik anak mengenal hewan terutama ikan air tawar.

Kolam pancingan Peraktim yang di buka satu hari menjelang hari raya tahun ini menyediakan berbagai ikan seperti, melem, lele, mujaher, bawal dan tawes.

Bagi yang hobi memancing silakan bawa pancingnya, meskipun pancingnya sederhana ikannya gampang kok di pancing ,”katanya.

Ketersediaan ikan yang siap pancing menjadi daya tarik tersendiri terutama saat hari sabtu dan minggu, sangat jarang yang mengeluh setelah pemancing disini tidak memperoleh hasil. Ini sengaja dilakukan karena pengelolan mau semua pengunjungnya merasa puas.

(Dibaca total 44 kali, dibaca 1 kali hari ini)