Pemotongan sapi sebagai hewan kurban

Karangnangka– Selasa (15/10) seluruh umat muslim merayakan hari raya Idul Adha. Hari Raya Umat Islam yang lebih dikenal dengan hari raya kurban tidak ketinggalan pula masyarakat Desa karangnangka Kecamatan kedungbanteng juga menyembelih hewan kurban di delapan tempat.

Tahun ini jumlah hewan kurban sebanyak 21 ekor , kesepuluh hewan tersebut terdiri dari 10 ekor sapi dan 11 ekor kambing.

Hewan kurban ini semua dari masyarakat Desa Karangnangka, kalau tahun-tahun yang lalu tempat pemotonganya dijadikan satu tempat akan tetapi dalam kurun dua tahun terakhir pemotongan mulai di sebar mengingat kondisi tempat yang tidak memungkinkan disamping mempermudah pendistribusian daging kurban pada wialayah Rukun tetangga (RT).

Panitia Kurban Drs. H. Rochani , “ mengatakan jumlah hewan yang dipotong tahun ini lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Dalam perayaan tahun lalu hewan yang dipotong kurang dari dua puluh,ini menunjukan bahwa rasa keimanan dan kebersamaan masyarakat Karangnangka jelas telah meninggkat terbukti dengan banyaknya hewan kurban,” katanya.

Diharapkan nantinya dalam pembagian daging kurban juga ada pemerataan terutama bagi rumah tangga sasaran,”imbuhnya.

Katim (37) warga yang datang melihat pemotongan hewan kurban menyampaikan,” saya yakin kalau tiap tahun orang yang berkurban bertambah akan mengurangi kesenjangan antara yang mampu dan tidak mampu karena rasa kebersamaan dan sosial jelas nyata ada,” ujanya.

(Dibaca total 55 kali, dibaca 1 kali hari ini)