Benih yang siap dibesarkan

KARANGNANGKA- Ikan itu bergerak lamban. Permukaan air dikolam jarang sekali terlihat beriak seperti tidak ada ikannya. Tapi jangan sekali-kali mendekati ikan itu ketika sedang atau saaat memijah.Pada masa itu jenis ikan sepat raksasa ini sangat galak.Itulah sifat alami ikan gurameh yang sudah lama jadi salah satu andalan budidaya ikan air tawar.

Budidaya ikan gurameh memang punya daya tarik tersendiri, Pemasaran ikan asli Indonesia ini banyak diserap oleh restoran dan rumh makan kelas meneggah ke atas. Ikan ini juga menjadi sajian bergengsi dihotel-hotel mewah. Nilai jual ikan gurameh termasuk yang tinggi dan bergengsi diantara ikan tawar lainya. Harga jual ikan gurameh dapat mencapai Rp. 50.000,- Rp. 60.000,- terutama masuk direstoran dan pasar swalayan. Ukuran ikan gurameh yang dipasarkan mulai 50 gram sampai 2 kg.Umumnya ikan gurameh dijual dalam keadaan hidup dan segar, meski sekarang produk olahan fillet mulai muncul. Permintaan pasar dalam negeri memang tidak sebesar ikan mas, nila dan lele. Meski demikan nilau harga jual gurameh tergolong stabil diatas harga rata-rata diantara jenis ikan air tawar lainya.

Kini selain pasar domestik gurameh mulai menembus pasar ekspor seperti Malaysia, India dan Cina. Menilai keunggulan dari sisi ekonomi tersebut tidak heran jika budidaya tidak terus meluas.

Teknologi budidaya ikan gurameh sudah dikuasai oleh masyarakat baik tahap pembenihan maupun pembesaran.

Tingkat pertumbuhan ikan yang satu ini memang termasuk lamban, namun dengan harga yang tinggi pada saat panen pendapatan si pembudidaya bisa berlipat ganda.Ikan gurameh termasuk yang tahan terhadap penyakit. Pemeliharaannya juga tidak terlalu banyak modal yang dibutuhkan. Pakan gurameh tidak melulu tergantung pada pelet bisa dikombinasi dengan dedaunan sehingga efesien.

Penyebaran budidaya ikan gurameh dari waktu ke waktu kian meluas. Daerah yang potensi untuk pengembangan usaha budidaya ikan gurameh sudah sampai luar Jawa akan tetapi saat ini sebagai sentra budidaya ikan gurameh masih banyak di Pulau Jawa.

(Dibaca total 41 kali, dibaca 1 kali hari ini)