Kolam Pemancingan yang dikelola Perakteam

Karangnangka- Disaat para warga dan masyarakat sibuk menyiapkan segala sesuatunya karena lebaran kurang satu hari lagi akan tetapi bagi remaja yang tergabung dalam Perakteam (perkumpulan remaja tiga empat) RT 03/04 Desa Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng mereka malah disibukan dengan acara launching kolam pemancingan yang berada di belakang Pos Kesehatan Desa.

Kolam dengan luas 700 M2 yang dikontrak oleh Perakteam disulap menjadi arena pemancingan yang menarik dan strategis karena hanya sepuluh meter dari jalan Raya Beji-Karangnangka sebagai jalan yang menghubungkan ke Ibukota Kabupaten, sehingga memudahkan bagi para pemancing. Tempatnya juga nyaman karena ada tempat duduk dan diberi atap sehingga para pemancing tidak merasa kepanasan atau kalau hujan tidak kehujanan.

Perakteam dengan jumlah anggota empat puluh orang melihat peluang kolam pemancingan dengan baik karena tempatnya berada di tepi sungai yang airnya tidak pernah surut maupun kering sehingga ini akan menjadikan kolam pemancingan dengan ikan yang berkualitas segar dan baik.

Ikan yang berada dikolam pemancingan tersebut berwariasi jenisnya seperti mujaher.melem,lele,bawal tentunya ini dengan harga yang berwariasi pula menurut jenis ikanya.

Yang lebih menariknya kolam pemancingan ini bersebelahan dengan kolam perikanan kelompok Sempulur sehingga para pemancing juga bisa belajar bagaimana masyarakat Karangnangka cara budidaya ikan Gurame baik yang hanya diambil telornya maupun pembesaran, karena Karangnangka salah satu desa kawasan minapolitan di Kabupaten Banyumas.

Modal yang disiapkan oleh perakteam sebesar tujuh juta rupiah hasil dari iuran anggota sebagai modal awal untuk perbaikan kolam, membuat tempat duduk maupun atap serta sewa kolam. Semua dikerjakan oleh para anggota baik laki-laki maupun perempuan.

Yudi (28) salah satu anggota perakteam mengatakan,” perakteam yang sudah berdiri sepuluh tahun yang lalu memang ingin mempunya usaha bersama untuk melatih para anggota agar nantinya bisa mempunyai peluang usaha tidak hanya kolam pancingan akan tetapi usaha-usaha lain sebagai bekal ilmu ketika mereka sudah berumah tangga. Saat ini usaha yang sudah berjalan walaupun hanya setahun sekali itu warung ramadhan, dan sekarang ditambah kolam pancingan” katanya.

Selain kegiatan usaha kami juga mencoba membantu para warga yang belum beruntung terutama dilingkungan RT 03 RW 04 karena baru sedikit kemampuan kami sehingga belum bisa ke wilayah lain,” Imbuhnya.

Memang tidak banyak yang tahu kegiatan yang telah dihasilkan oleh Perakteam padahal ada dua karya besar yang telah dilakukakan oleh Perakteam itu sendiri yang membuat nama Karangnangka harum terutama di dunia entertaement yaitu dengan adanya hasil karya filem dengan judul sembilan belas empat tujuh yang diproduksi oleh remaja dan para warga RT 03 RW 04 yang di pelopori Wasis Setya Wardhana. Yang lebih membanggakan lagi stasiun TV One selama dua tahun berturut-turut setiap bulan ramadhan menayangkan Jejak Para Wali yang ternyata semua pemeranya maupun dekorasi yang dibuatnya hasil karya remaja dan warga RT 03 RW 04.

(Dibaca total 66 kali, dibaca 1 kali hari ini)