Warga RT 01 RW 04 menata batu untuk jalan makadam

Karangnangka- Tidak sepertia biasanya jalan di tepi Kaligunung penuh puluhan warga RT 01 RW 04 Desa Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng bekerja bakti membenahi jalan makadam yang menghubungkan dua dusun yaitu dari dusun dua ke dusun satu. Minggu 7/7 semua warga satu RT dengan semangat memasang batu sebagai dasar jalan tersebut.

Jalan sepanjang 100 meter dengan lebar 2,5 meter ini baru berupa makadam yang semuanya tenaga maupun batunya berasal dari swadaya murni warga RT 01 RW 04. Nantinya akan dibuat rabat beton atau diaspal kita belum tahu, yang penting sementara bisa dilalui kendaraan dulu baik roda empat maupun roda dua agar tidak amblas dengan di makadam,” tutur Andika selaku ketua RT 01 RW 04 Desa Karangnangka.

Jalan tersebut merupakan akses ekonomi masyarakat, selain menghubungkan dua dusun jalan Kali gunung ini juga merupakan jalan alternatif bagi warga RT 03 dan RT 04 RW 05 yang berada di pinggir desa bagian selatan yang berbatasan dengan lahan pertanian dari ujung barat sampai lahan pertanian ujung timur.”tambahnya.

Dalam program pembangunan ini warga RT 01 RW 04 sudah mulai menyadari pembangunan berbasis swadaya murni tentunya ini untuk memancing kesadaran masyarakat dalam pembangunan berbasis pedesaan. Dengan demikian pembangunan di Desa Karangnangka bisa rata di setiap dusun.

Tekad (33) tokoh pemuda RT 01 RW 04 menuturkan,” Selain mengandalkan dana pembangunan dari pemerintah desa, warga RT 01 RW 04 sudah mulai melakukan pembangunan dengan swadaya murni sejak beberapa tahun yang lalu,” seperti pembangunan drainese jalan Masjid sepanjang 165 meter ke arah selatan dan perbaikan jembatan yang amblas yang ada di wilayahnya,”tuturnya

Selain memberdayakan swadaya murni warga, proses pembangunan sumber daya alam juga sedang mulai terutama ibu-ibu dengan di bantu dari pemerintah desa.

Desa Karangnangka desa yang tidak dipisahkan oleh grumbul sehingga ini merupakan satu keuntungan untuk saling mempererat emosional kebersamaan dalam menuju pembangunan baik insfratukturnya maupun perekonomian demi kesejahteraan warganya.

(Dibaca total 42 kali, dibaca 1 kali hari ini)