Karangnangka – Ternyata Kembang kates atau dalam bahasa Indonesia kita biasa menyebutnya dengan bunga pepaya ( Carica Papaya L). Pohon ini sangat mudah ditemukan di d

Karangnangka – Kembang Kates

aerah kita. Pohon pepaya memiliki banyak manfaat untuk kita semua. Mulai dari buahnya yang manis, yang kaya akan vitamin A, buah yang mudah ditanam atau dibudidayakan ini sangat bermanfaat untuk membantu Anda menjalani program diet untuk menurunkan berat badan. Kandungan air dan gizi yang komplek dapat dijadikan sebagai makanan alternatif yang bebas kalori. Selain itu, kulit pepaya ternyata dapat bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan luka. Tak hanya buah dan kulitnya saja, daun pepaya juga memiliki khasiat untuk memperkuat tulang dan gigi. Memang benar, menurut hasil penelitian yang baru – baru ini dilakukan telah ditemukan bila di dalam daun pepaya terdapat kandungan kalsium sangat besar mencapai 353 mg per 100g daun pepaya.

Selain buah, kulit, dan daunnya, ternyata sudah dari dahulu masyarakat desa Karangnangka memanfaatkan bunga pepaya ini, atau biasa kita sebut dengan kembang kates. Kembang kates memiliki rasa sedikit pahit, akan tetapi dibalik rasanya yang sedikit pahit, kembang kates ini memiliki khasiat untuk obat jantung karena memiliki senyawa alkaloid carpein (C14H25No2.). Bunga pepaya  juga memiliki ekstrak methanol yang berfungsi sebagai penangkap radikal bebas terampuh, sehingga mampu membuat awet muda.

Bunga pepaya menjadi menu masakan yang unik, tak banyak orang yang tahu akan hal ini. Bunga pepaya ini dapat ditumis dengan campuran ikan teri atau tempe. Rasa yang sedikit pahit tersebut dapat diatasi dengan merebus kembang kates selain itu bisa juga diuleni dengan sedikit garam lalu dicuci dengan air.

Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

(Dibaca total 45 kali, dibaca 1 kali hari ini)