KARANGNANGKA-Kepala Dusun II Desa Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng, Kodirin sangat menyambut baik berbagai program pemerintah yang dapat mendukung kesejahteraan masyarakat. Salah satunya adalah program yang berkaitan dengan pengembangan ternak sapi perah.

Pasalnya saat ini di desa Karangnangka ada banyak masyarakat yang berkecimpung dalam usaha ternak sapi dari bantuan pemerintah.

Belum lama ini desa Karangnangka telah menerima Bantuan dari Dirjen Peternakan RI dan Dinas Peternakan Kabupaten Banyumas yang bekerjasama dengan Fakultas PeternakanUniversitas Jenderal Soedirman Purwokerto.

Dari program Sarjana Masuk Desa, sapi perah sebanyak 19 ekor untuk dikembangkan oleh masyarakat sebagai mata pencaharian dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Harapan saya ini benar-benar di pelihara dengan baik sehingga hasilnya maksimal, dan semua sapi yang dimilki anggota kelompok Barokah bisa ditempatkan dalam satu kandang komunal. Selain lebih mendukung kesehatan lingkungan, pemantauan dan penanganan sapi juga lebih mudah kedepan, kami berupaya untuk dapat mengolah limbah kotoran ternak sapi ini menjadi pupuk organik,” tutur Kodirin

Ketua Kelompok Tani Ternak Sapi Perah Barokah menambahkan, upaya-upaya meningkatkan wawasan anggota kelompok tani dalam mengembangkan usahanya terus dilakukakan. Diantaranya dengan mengikuti sejumlah pelatihan baik pembuatan pakan ternak , pembuatan pupuk organik maupun lainya. “ Kami berharap kedepan kelompok tani ternak sapi perah di Desa Karangnangka bisa lebih berkembang sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat” jelasnya.

(Dibaca total 74 kali, dibaca 1 kali hari ini)