Rumah Joglo Tikelan Yang Hilang Kini Banyak Diminati

Karangnangka-“Rumahku adalah Surgaku” pepatah yang sering kita dengar, ungkapan tersebut menunjukan betapa pentingya rumah bagi suatu keluarga atau rumah tangga. Rumah salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi sebuah kehidupan apalagi bagi yang sudah berkeluarga. Sebab pada umunya sebuah keluarga baru dapat dikatakan tentram manakala mereka telah memiliki rumah sendiri.

Keberadaan dan fungsi rumah bukan sekedar tempat berteduh, tempat istirahat untuk menghilangkan capai dan penat, ataupun bukan sekedar tempat membesarkan anak. Akan tetapi banyak aspek yang terkandung dalam arti sebuah bangunan rumah. Salah satunya mengandung kebangaan, sebagai simbol status sosial dan yang lebih luas lagi menyangkut filosofis, adat istiadat dan budaya bagi sekelompok masyarakat, maupun suku bangsa.

Oleh sebab itu tidak heran apabila tiap daerah atau kabupaten dan suku bangsa mempunyai ciri khas bentuk rumah yang merupakan kebanggaan dari daerah masing-masing. Seperti Minangkabau dengan rumah gadangnya, demikian pula suku yang lain seperti suku Toraja, Batak, Dayak, Dani serta suku lain di seluruh Nusantara ini memiliki gaya atau bentuk rumah yang khas, yang dapat memperkaya khasanah budaya bangsa yang dikagumi oleh para turis mancanegara.

Bahwa setiap suku bangsa dibumi persada Nusantara ini memiliki bentuk dan corak gaya bangunan rumah masing-masing, demikian pula suku Jawa yang berada di Jawa Tengah khususnya pada umumnya juga memiliki bentuk dan gaya bangunan tersendiri.

(Dibaca total 151 kali, dibaca 1 kali hari ini)