Penjelasan Diare,Demam,Demam Berdarah Bagi Kader Posyandu

Karangnangka Kader posyandu salah satu tugas yang diemban oleh para ibu-ibu di desa baik sebagai penyuluh maupun pendamping pada masyarakat di mana kader itu tinggal, yang tentunya ini akan membantu para bidan desa dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Sedang kegiatan posyandu yang sering dilakukakn mendampingi ibu ibu hamil maupun dengan kegiatan penimbangan balita dengan memberikan makanan tambahan bagi balita yang datang ke posyandu, tatpi ada juga posyandu lansia yang fokus mengurusi para usia lanjut usia untuk selalu menjaga kesehatan kegiatannya adalah cek tekanan darah, senam ringan serta memberikan juga makanan tambahan.

Untuk meningkatkan kapasitas dan pengatahuan para kader posyandu yang ada di desa sewilayah Kecamatan Kedungbanteng bertempat di Joglo Wirayuda Karangnangka Jum`at 1 Pebruari 2013 diadakan peningkatabn kapasitas dalam memahami Diare, Demam, Demam Berdarah yang begitu mudah menjangkit masyarakat .Maka penting sekali bagi kader posyandu untuk memahami gejala diare, demam maupun demam berdarah sehingga ketika terjadi hal tersebut mereka bisa menanggani maupun akan memberikan penyuluhan pada warga masyarakat.

Kegiatan pelatihan penanggulangan Diare,Demam,demam Berdarah ini di ikuti oleh empat belas desa di wilayah Kedungbanteng petugas Puskesmas sebagai pemberi materi yang bekerja sama dengan perusahaan suatu produk.

Diare adalah suatu kondisi dimana seseorang buang air besar 3 kali atau lebih dalam satu hari dan tinja atau feses yang keluar berupa cairan encer atau sedikit berampas, kadang juga disertai darah atau lendir.

Anak-anak rentan terkena diare karena anak-anak biasa daya tahan tubuhnya masih rendah sehingga sangat mudah terinfeksi virus.

Sedang demam merupakan kondisi di mana suhu tubuh lebih dari 37,50c. Normalnya, suhu tubuh anak berkisar antara 36 hingga 37,50c. Demam sebetulnya muncul karena kapasitas produksi panas lebih besar daripada pengeluaran panas tubuh itu sendiri. Pada anak, peningkatan panas dapat dengan mudah terjadi karena meningkatnya aktivitas tubuh ataupun lingkungan yang panas.
Demam juga kerap disertai gejala menggigil yang merupakan indikasi adanya virus, bakteri, atau kuman. Dalam hal ini demam merupakan indikasi mekanisme pertahanan tubuh melawan infeksi atau zat asing dari luar. Jenis-jenis mikroorganisme itulah yang mengeluarkan racun dalam tubuh si kecil dan selanjutnya menyebabkan tubuh menggigil. Jadi, menggigil bukan diakibatkan oleh panas itu sendiri dan tidak semua demam disertai gejala menggigil. YAng lebih penting bahwa yang sering terjadi dengan menimbulkan kematian yang tidak disadari Demam berdarah (DB) adalah penyakit demam akut yang disebabkan oleh virus dengue, yang masuk ke peredaran darah manusia melalui gigitan nyamuk dari genus Aedes, misalnya Aedes aegypti atau Aedes albopictus.

Salah satu peserta pelatihan Sudiarti 40 tahun mengatakan” dengan mengikuti pelatihan ini sayajadi tahu bahwa Diare,Demam,Demam Berdarah salah satu penyumbang angka kematian bagi anak-anak maupun orang tua yang kondisi badanya tidak fit, sekaligus menambah ilmu bagi saya selaku kader posyandu,” katanya

(Dibaca total 37 kali, dibaca 1 kali hari ini)