Karangnangka.Hujan yang disertai angin kencang dalam seminggu ini membuat masyarakat tidak nyaman dan merasa was-was. Baik pohon tumbang maupun penyakit yang bisa datang dari kondisi lingkungan tidak bersih akibatnya banyak warga terserang Demam Berdarah Darah maupun penyakit lainnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut Minggu, 20 Januari 2013 warga RT 01/04 melaksanakan gotong-royong kerja bakti bersih lingkungan wilayahnya agar terhindar dari penyakit dan membuat warga nyaman tidak takut terjadi bencana seperti yang akhir-akhir ini terjadi.

Kerja bakti tersebut diikuti oleh semua warga RT 01/04 dari yang tua sampai anak-anak, laki-laki maupun perempuan sehingga memenuhi pinggiran sungai dan jalan wilayah RT dengan penuh rasa kebersamaan dan rasa memiliki wilayah tersebut begitu nampak. Pohon maupun ranting yang menjulang kejalan menjadi sasaran untuk dibersihkan.

Kegiatan kerja bakti langsung dipimpin oleh Kepala Dusun II yang membawahi wilayah RT 01/04.

Ketua RT 01/04 Andika manyampaikan,” bahwa kerja bakti tidak hanya dilakukan kali ini saja akan tetapi sudah menjadi agenda rutin warga kami, lebih-lebih di musim seperti ini warga harus betul-betul tanggap terhadap lingkungan terutama bencana yang sewaktu-waktu bisa datang”. katanya

Disamping itu kami menghimbau pada warga yang mempunyai pohon besar di tepi rumah untuk ditebang agar tidak membahayakan ketika terjadi angin besar, yang ditakutkan akan merobohi rumah sehingga pemilik harus hati-hati”. imbuhnya

Hal itu juga disampaikan Sururi (54) disamping kerja bakti didarat kami juga membersihkan endapan sungai serta mengangkat sampah yang ada sehingga kalau terjadi hujan besar aliran sungai akan mengalir dengan lancar, sedang untuk mengantisipasi angin besar warga memperbaiki juga rumah masing-masing dengan memasang pemberat dia atas seng maupun genteng agar tidak terbang terbawa angin”. Ujarnya.

Kebersihan siapaun orangnya menginginkan, untuk itu perlu kesadaran masing-masing warga saling menjaga kebersihan sehingga dengan lingkungan bersih akan membuat hidup nyaman serta tidak merasa was-was dalam menghadapi musim yang tidak menentu seperti saat sekarang.

Disamping sebagai ajang mempererat rasa emosional sesama warga juga kita melestarikan nilai-nilai lokal terutama dalam hal gotong-royong yang sejak jaman dahulu sampai sekarang belum tergantikan oleh apapun dan harus terus tumbuh di masyarakat sebagai tradisi kekuatan yang tak terkalahkan.

(Dibaca total 40 kali, dibaca 1 kali hari ini)