Peserta Lokakarya sedang membuat berita

Peserta Lokakarya sedang membuat berita

KARANGNANGKA-Garaswatu sebuah desa di Kecamatan Sindang Kabupaten Majalengka berada di lereng Gunung Ceremai bagian barat yang berada diketinggian 600 m dpl, dengan luas 206.136 ha serta jumlah penduduknya 2878 jiwa. Sedangkan mata pencaharian penduduknya mayoritas petani.

Setelah melakukan perjalanan selama 4,5 jam dari Purwokerto akhirnya Gerakan Desa Membangun Banyumas yang diwakili Kodirin (Karangnangka), Kepala Desa Melung A. Budi Satrio dan Margino serta rekan-rekan JGOS, Infest Jogyakarta akhirnya sampai di Garaswatu pukul 09.00 WIB, karena memang yang dari Banyumas dan Jogyakarta satu mobil.

Kegiatan Lokarkarya Gerakan Desa Membangun di Garaswatu ini berlangsung selama dua hari 24-25 Nopember 2012 yang diselenggarakan oleh Ruang Belajar Masyarakat Majalengka dan desa-desa yang ada di Majalengka. Peserta lokakarya ini berasal dari Banyumas, Tasikmalaya, Bandung, Bekasi, Cirebon serta Majalengka sendiri sebagai tuan rumah dengan jumlah desa sebanyak 35 desa.

Sebelum kegiatan Lokakarya dibuka para peserta mendapat penjelasan apa itu Gerakan Desa Membangun dari Kades Melung Banyumas dan Kades Mandalamekar Tasikmalaya, agar nantinya para peserta betul-betul memahami desa membangun seperti apa yang telah dijalankan oleh mereka yang lebih dulu bergabung di Gerakan Desa Membangun.

Kegiatan Lokarya Gerakan Desa Membangun di buka secara resmi oleh Kominfo Kabupaten Majalengka yang di dahului sambutan oleh Kepala Desa Garaswatu R. Wahyudin sebagai tuan rumah sekaligus menyambut selamat datang pada para peserta lokakarya.

Sedangkan dalam pidatonya Wawan dari Kominfo mengatakan “ Kami selaku dinas Kominfo sangat mendukung kegiatan Gerakan Desa Membangun yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi yang nantinya akan mempermudah setiap desa dalam pelayanan masyarakat maupun dalam hal lain, serta juga akan mempersempit kita karena dengan mengunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi maka apa yang terkadang membutuhkan waktu panjang dengan TIK dapat di percepat sehingga waktunya efektif, untuk itu kami juga akan membagikan satu desa satu komputer serta modem dan akan melatih para operator setiap desa ini dalam rangka 1 juta wi-fi di Indonesia sehingga Majalengka tidak akan ketinggalan dengan yang lain” katanya.

Camat Sindang Ateng D. Herawan, S.Sos menyampaikan “ Bahwa desa yang telah mempunyai jaringan dan bergabung dengan gerakan desa membangun di Kecamatan Sindang baru 3 desa, semoga kegiatan ini akan memacu desa lain yang belum bergabung serta manfaatkan sebaik-baiknya sebagai ruang belajar “ ujarnya

Acara dilanjutkan dengan para peserta lokakarya mendengarkan penjelasan dari Kades Melung A. Budi Satrio mengenai operasi sistem yang selama ini di gunakan oleh rekan-rekan Gerakan Desa Membangun di Banyumas. Setelah itu baru peserta dibagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas Tata Kelola Desa yang di sampaikan oleh Yananoviadi Kepala Desa Mandalamekar Tasikmalaya dan A. Budi Satrio Kepala Desa Melung Banyumas , serta kelas pengelolaan portal desa.

Sedangkan untuk hari kedua masih di bagi dua kelas, kelas Open Source yang di sampaikan Oleh Estu dari JGOS dan Rovahan dari Blankon Cirebon. Kelas yang satunya melanjutkan pengelolaan portal desa dan cara menulis cepat sampai mengungah menjadi sebuah berita kampung disampaikan oleh Lamuk dari Infest Jogyakarta dan Suryaden Bloger Nusantara.

Dengan tidak mengenal lelah rekan-rekan Tim Infest, JGOS, Bloger Nusantara dan GDM Banyumas terus memberikan pengetahuanya pada para peserta sampai menjelang penutupan Kegiatan Lokakarya Gerakan Desa Membangun sehingga kegiatan ini berjalan baik.

(Dibaca total 35 kali, dibaca 1 kali hari ini)