Potensi Wisata Desa Karangnangka

Potensi Wisata Desa Karangnangka

Desa Karangnangka terletak di Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Letaknya yang lereng Gunung Slamet membuat Desa Karangnangka memiliki berbagai pemandangan alam yang indah dan menarik. Karena letaknya yang sangat strategis itu, Desa Karangnangka memiliki banyak potensi wisata yang perlu digali oleh warga pada umumnya dan oleh pemerintah desa pada khususnya.

Potensi wisata yang pertama adalah potensi alam, Karangnangka memiliki sungai yang sangat jernih masih alami dan terdapat bendungan yang bernama Bendungan Slis. Bendungan tersebut memiliki pemandangan yang sangat indah dan alami. Terbukti sekarang wisata Bendungan Slis sudah banyak dikunjungi oleh warga desa Karangnangka maupun warga luar desa Karangnangka.

Selain wisata alam Bendungan Slis, juga terdapat wisata desa yang didirikan secara swadaya oleh warga Karangnangka. Yaitu,  Kidoeng Kampungku yang terdapat di RT 01 RW 01, dan Desaku yang terdapat di RT 03 RW 04. Kedua wahana tersebut menyediakan berbagai permainan yang menarik dan mendidik bagi anak-anak SD sampai remaja. Seperti wahana arum sungai, membajak sawah, membatik, menangkap ikan, menanam padi dan masih banyak lagi yang lain. Selain wisata desa terdapat berbagai wahana outbond yang menarik dan menantang seperti flying fox, air bridge, dan masih banyak yang lainnya. Wisata Desa di atas sangat diminati oleh warga kota, kebanyakan adalah siswa-siswa TK, SD, hingga mahasiswa.

Berdasarkan uraian di atas, dapat dilihat bahwa Desa Karangnangka memiliki banyak potensi wisata yang menjanjikan. Selain potensi wisata alam dan wisata desa ada lagi potensi wisata perikanan dan pertenakan yang perlu dikembangkan lagi. Pada bidang perikanan memiliki prospek yang cerah untuk dijadikan potensi wisata karena di Desa Karangnangka terdapat banyak kolam-kolam ikan yang patut dijadikan objek wisata seperti dijadikan kolam pemancingan, wahana menangkap ikan dan wahana memberi makan ikan. Dalam bidang peternakan desa Karangnangka memiliki sebuah peternakan sapi yang cukup besar, dan memiliki banyak sapi. Hal tersebut dapat dikembangkan menjadi wisata mendidik seperti wisata memberi makan hewan ternak dan bisa lebih dikembangkan lagi wisata memerah susu sapi.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Desa Karangnangka memiliki banyak potensi wisata yang sangat banyak dan memiliki prospek yang cerah bila dikembangkan dengan optimal dan maksimal. Hal tersebut dapat tercapai tak terlepas dari peran warga dan pemerintah desa Karangnangka. Ayo para warga kita bersama-sama mengembangkan Desa Karangnangka ini khususnya dalam bidang wisata agar Desa Karangnangka terkenal menjadi desa wisata yang terkenal tidak hanya di Kecamatan Kedungbanteng saja tapi bisa terkenal di tingkat Kabupaten, Provinsi bahkan tingkat Nasional. AYO SEMANGAT!!!!!!

 

 

(Dibaca total 121 kali, dibaca 1 kali hari ini)