Kegiatan wirausaha ramadan desa KarangNangka

Kegiatan wirausaha ramadan desa KarangNangka

Bulan suci ramadan kali ini tiba dipertengahan bulan Juli 2012. Masyarakat desa Karangnangka bersorak sorai dalam menyambut datangnya bulan suci ramadan ini. Banyak kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat desa ini, diantaranya : seluruh warga desa bergotong royong membersihkan desa mulai dari lingkungan setempat, jalan utama hingga pemakaman – pemakaman yang ada di desa Karangnanagka. Dengan adanya kegiatan bersih desa, menyimbolkan bahwa dalam menyambut bulan suci ini kita harus menyiapkan hati, lingkungan yang bersih. Selain itu, warga Karangnangka mengadakan jalan sehat bersama.

Selain kedua kegiatan diatas, masyarakat desa Karangnangka khususnya para pemuda – pemuda di desa ini banyak yang membuat warung – warung Ramadan, dimana diwarung tersebut mereka menjajakan berbagai serba serbi makanan dan minuman yang identik dengan bulan suci Ramadan, seperti berbagai kolak, gorengan, jajanan pasar, kurma, kelapa muda, dll. Mereka membuat warung – warung Ramadan tersebut dipinggir jalan utama desa KarangNangka. Sampai hari ini, terhitung ada 3 warung Ramadan yang dikelola oleh para pemuda disetiap perkumpulan remaja dimasing – masing RW. Ketiga warung tersebut didirikan dipinggir jalan utama desa Karangnangka, diantaranya didekat pintu gerbang selamat datang Desa KarangNangka dimana para pemuda dari Rt 3/ Rw 4 yang mengelola, kemudian di dekat Masjid Karangnangka yang mana para pemuda Rt 2/ Rw4 , dan warung Ramadan yang ketiga ada di Rt 2 / Rw 2. Ketiga warung Ramadan tersebut dikelola secara gotongroyong, hal tersebut dapat dilihat dari saat mereka mendirikan warung tenda secara bersama – sama, kemudian mereka menjadi wadah bagiĀ  para ibu – ibu pembuat makanan dan minuman yang ingin menjajakan hasil kreasi mereka.Hasil dari penjualan mereka dikumpulkan selama satu bulan Ramadan ini dan kemudian disumbangkan untuk para anak yatim piatu yang ada di Desa KarangNangka.

Kegiatan pemuda diatas, dapat melatih para generasi muda khususnya di Desa KarangNangka agar memiliki jiwa berwirausaha yang mandiri sehingga mereka yang masih muda – muda yang mana masih memiliki kesempatan berkarir dan berkarya lebih lama, lebih luas dapat lebih mengembangkan potensi – potensi mereka yang masih terpendam. Selain itu, jiwa bergotong royong juga dapat diperoleh dari adanya kegiatan diatas. Semoga kegiatan – kegiatan pemuda ini, dapat bermanfaat bagi semua pihak, khususnya di desa KarangNangka, dan juga dapat memotivasi jiwa – jiwa muda lainnya yang belum bergabung dengan karang taruna desa KarangNangka.

 

 

 

(Dibaca total 52 kali, dibaca 1 kali hari ini)