Seminar di acara Festival Jawa Kidul 2012

KARANGNANGKA-Setelah beberapa kali melakukan kegiatan peningkatan kapasitas dan membangun jaringan dalam beberapa Lokakarya Gerakan Desa Membangun (GDM) dari desa ke desa yang tersebar di wilayah Jawa bagian selatan meliputi Banyumas,Tasikmalaya,Cianjur dan desa lainya yang dilakukakn sejak pertengahan 2011, sebagai wujud saling berbagi pengalaman dan pembahasan hal yang terkait dengan isu-isu tentang pedesaan maka dengan kesepakatan bersama diadakan Festival Jawa Kidu yang pertamal.

Festival Jawa Kidul (Jadulfest) yang pertama ini diselenggarakan di Desa Mandalamekar Kecamatan Jatiwaras kabupaten Tasikmalaya 2-5 Juni. 2012.

Kegiatan ini di ikuti oleh hampir 200 desa di wilayah Jawa Selatan disamping itu juga ada yang dari luar Jawa seperti Bima, Kalimantan, Sulawesi.

Untuk Desa Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas dalam Festival ini mengirimkan lima orang sebagai perwakilan.

Dalam Festival Jawa Kidul ada beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan seperti halnya Panggung rakyat, pentas seni, Workshop TIK, Talkshow Keterbukaan Informasi Publik, Rembug Nasional I dengan tema Tata Kelola Sumber Daya Desa, Rempug Nasional II dengan tema Kebijakan Desa

Hadir dalam kegiatan Festival Jawa Kidul ini Kekominfo Pusat, Anggota DPR RI Komisi II Budiman Sujatmiko,Bupati Tasikmalaya, Bupati Wonosobo, UKP4, para Akademisi serta tidak ketinggalan para Kepala desa yang tergabung dalam Gerakan Desa Membangun.

Kegiatan selama lima hari di akhiri dengan penghijauan dilahan seluas 20 hektar milik pemerintah desa Mandalamekar dihutan Karangsoak rangkaian ini sekaligus dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup.

(Dibaca total 67 kali, dibaca 1 kali hari ini)